Tips Konsultasi Dengan Pembimbing



Seorang dosen yang membimbing mahasiswa tugas akhir seperti skripsi relatif lebih berat dan memerlukan pengetahuan yang lebih banyak dibanding dengan mengajar di kelas. Hal ini terjadi karena dosen memberikan bimbingan ke mahasiswa dengan topik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kalian sebagai mahasiswa akan sangat bagus dan menguntungkan jika dapat membantu pembimbing agar dapat memperlancar bimbingan tugas akhir. Berikut tips yang bisa kalian lakukan pada saat bimbingan dan semoga bisa diterapkan dan bermanfaat.

Tips Pertama -- Berkonsultasi dengan pembimbing secara rutin

Kecuali jika pembimbing kalian memang menghendaki untuk menemui setelah menyelesaikan seluruh tugas akhir. Jangan hanya menemui pembimbing kalian jika sudah mendekati batas akhir pengumpulan naskah tugas akhir untuk ujian atau jika kondisi sudah rumit. Dengan konsultasi secara rutin dari awal, pembimbing kalian dapat memantau jalannya tugas akhir kalian sehingga memperkecil salah arah. Jika kalian menemui di batas akhir maka akan menunjukkan manajemen waktu yang buruk.


Tips Kedua -- Tanyakan hal-hal yang inti saja pada saat konsultasi

Mintalah pendapat pembimbing tentang hal-hal yang akan kalian kerjakan. Jangan menanyakan pertanyaan yang tidak cerdas, seperti bagaimana cara mengetik atau memformat teks laporan, atau pertanyaan " Setelah menghitung ini, apa yang harus dikerjakan ?" Pertanyaan tersebut menunjukkan kalian tidak punya pendapat dan tidak tahu secara jelas apa yang harus kalian lakukan. Sebaiknya kalian tanyakan " Judul saya adalah... dan saya sudah mengerjakan hal ini. Berikutnya saya akan melakukan... Bagaimana pendapat bapak/ibu.



Tips Ketiga -- Catat komentar, saran atau penjelasan dari pembimbing

Usahakan untuk tidak memberikan pertanyaan yang sama berkali-kali karena hal tersebut menunjukkan ketidakpahaman atau ketidakpedulian kalian sewaktu konsultasi dengan pembimbing. Tujuan kalian konsultasi dengan pembimbing adalah untuk mengetahui pendapat atau hal-hal yang kalian lakukan. Jadi, jangan mengajak pembimbing untuk berdebat apalagi hal sepele dan jika memang kalian tidak menyetujui pendapat pembimbing lakukan lah dengan kata-kata sopan.

Tips Keempat -- Berikan kesan ke pembimbing bahwa kalian sanggup mengerjakan tugas akhir

Pembimbing umumnya bertemu kalian tidak lebih dari 10 kali selama kalian mengerjakan tugas. Pembimbing akan memberikan nilai dari kesan terhadap pertemuan tersebut. Jika kalian memberikan kesan yang baik, pembimbing kalian akan mempertimbangkan penilaiannya. Kesan baik bisa kalian ciptakan, semisal dengan mempersiapkan baik-baik apa saja yang akan dipertanyakan pada saat konsultasi, membuat laporan sebaik-baiknya, dan sebagainya.

Tips Kelima -- Miliki inisiatif untuk mengerjakan tugas akhir

Jangan hanya menunggu perintah dari pembimbing kalian karena pada hakikatnya kalian lah pembuatnya bukan pembimbing. Tapi jika pembimbing meminta kalian melakukan sesuatu (misalnya, menambah percobaan atau analisis) sebagai kelengkapan tugas akhir, maka usahakan untuk memenuhinya sejauh hal tersebut tidak memberatkan kalian. Jika yang diminta terasa berat maka katakan dengan terus terang.

Tips Keenam -- Jangan terlalu sering atau terlalu jarang berkonsultasi dengan pembimbing

Jangan sampai perubahan kecil dalam rancangan, program, atau laporan harus dikonsultasikan dengan pembimbing berkali-kali. Demikian juga jangan meminta pembimbing melihat program (demo program) berkali-kali. Tunjukkan program pada saat kalian merasa bahwa program tersebut sudah sempurna. Ingat pembimbing juga memiliki keterbatasan waktu untuk menemui kalian. Dan jangan pula kalian konsultasi hanya 1-2 kali selama pembuatan tugas akhir, karena pembimbing pasti tidak dapat mengoreksi dengan sempurna.



Tips Ketujuh --  Usahakan setiap konsultasi, pembimbing melihat adanya kemajuan yang nyata

Jika setiap konsultasi kalian hanya menanyakan hal-hal dasar dan sama secara terus menerus, pembimbing akan menilai kalian tidak mampu mengerjakan topik tugas akhir yang diambil sehingga tiba-tiba kalian sudah menyelesaikan program.

Tips Kedelapan -- Berikan waktu untuk pembimbing mengoreksi naskah kalian

Jangan memaksa dosen pembimbing untuk segera memeriksa naskah kalian. Karena kadang kala pembimbing memiliki kesibukan lain selain memberikan bimbingan ke kalian. Atau menanyakan kapan selesai koreksinya atau apakah sudah diperiksa atau belum.

Demikian tips yang bisa kalian terapkan atau kalian coba selama menjalani bimbingan tugas akhir agar selama bimbingan atau konsultasi dapat berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat dan tunggu tulisan selanjutnya.

0 Comments