Memahami Pengertian Penelitian

 Assalamualaikum Sahabat Banua,

Pada tulisan kali ini saya akan memaparkan atau memberikan informasi dari buku bacaan yang saya baca tentang konsep dan jenis-jenis penelitian. Penelitian yang dilakukan atau yang dijelaskan pada tulisan ini fokus pada bidang teknologi informasi. Namun sebelum membahas lebih jauh pada tulisan kali ini kita memahami terlebih dahulu apa itu penelitian, tujuannya agar pembaca dapat mengetahui seperti apa penelitian dan tujuan yang dicapai pada penelitian tersebut.

Kebanyakan orang menganggap penelitian atau riset adalah melakukan pencarian teori, menguji teori atau memecahkan suatu masalah. Dalam hal ini masalah tersebut ada dan telah diketahui bahwa pemecahan masalah sangat diperlukan. Dimana permasalahan di sini bukan masalah biasa yang pemecahannya bisa langsung didapatkan.

Penelitian sebagai metode ilmiah merupakan cara untuk mencari dan mengungkapkan kebenaran dengan ciri yang objektivitas, dimana dalam hal ini untuk mendapatkan kebenaran tidak cukup secara konseptual atau deduktif saja, namun harus tetap diuji secara empiris (Sedarmayanti, 2011:27). Menurut Hermawan (2006:13), penelitian adalah investigasi terorganisasi untuk menyajikan informasi dalam upaya memecahkan masalah. Sedangkan menurut Kerlinger (2002) mendefinisikan penelitian ilmiah merupakan penelitian yang sistematis, terkontrol, empiris, dan penyelidikan kritis dari proporsi-proporsi hipotesis tentang hubungan yang diperkirakan di antara gejala alam.

Langkah-langkah atau tahapan penelitian secara sistematis adalah sebagai berikut :

  1. Dimulai dengan mengidentifikasi masalah
  2. Menghubungkan masalah dengan teori-teori yang ada
  3. Mengumpulkan data
  4. Menganalisis dan menginterpretasi data
  5. Menarik kesimpulan
  6. Menggabungkan kesimpulan-kesimpulan ke dalam jajaran khazanah pengetahuan
Dalam sebuah penelitian ilmiah, langkah-langkah yang dilakukan harus terencana sehingga khayalan dan dugaan tidak terdapat di dalamnya. Dimana masalah harus dijelaskan secara cermat dan terperinci, mengidentifikasi dan menyeleksi variabel-variabel yang telah ditentukan, menyeleksi setiap instrumen secara cermat, dan menarik kesimpulan-kesimpulan dari data yang didapat. 
Menurut Sudaryono (2015) penelitian secara umum dapat diartikan sebagai proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Metode yang digunakan bisa bersifat kuantitatif atau kualitatif, eksperimental atau noneksperimental, interaktif atau noninteraktif. Perkembangan metode tersebut sangat intensif sehingga telah memiliki prosedur yang baku melalui berbagai uji coba yang dilakukan.
Menurut Sudaryono (2015) ada lima langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitian diantaranya adalah :
  1. Mengidentifikasi masalah penelitian
  2. Melakukan studi empiris
  3. Melakukan replikasi atau pengulangan
  4. Menyatukan atau menyintesis, dan meninjau (review)
  5. Menggunakan atau mengevaluasi (yang dilakukan oleh pelaksana)
Dari data-data yang terkumpul akan diperoleh bukti-bukti empiris yang digunakan untuk mendukung atau menolak hipotesis yang dirumuskan sebelumnya. Data empiris ini yang akan dijadikan dasar dalam menarik kesimpulan.

Penelitian Sebagai Pencarian Ilmiah Yang Berpola

Tujuan akhir suatu ilmu adalah untuk mengembangkan dan menguji teori. Menurut Fred N. Kerlinger (1986) ada 3 hal penting dalam suatu teori yaitu :
  1. Suatu teori dibangun oleh seperangkat proposisi dan konstruk
  2. Teori menegaskan hubungan di antara sejumlah variabel
  3. Teori menjelaskan dan memprediksi fenomena-fenomena

Pencarian Ilmiah

Menurut Sudaryono (2015) pencarian ilmiah adalah suatu kegiatan untuk menemukan pengetahuan dengan menggunakan metode-metode yang diorganisasikan seara sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data. Perbedaan antara ilmu dan ilmiah adalah dimana ilmu merupakan struktur atau batang tubuh pengetahuan yang telah tersusun sedangkan ilmiah adalah cara mengembangkan pengetahuan.

Pencarian Berpola

Menurut Sudaryono (2015) pencarian berpola adalah suatu prosedur pencarian dan pelaporan dengan menggunakan cara-cara dan sistematika tertentu disertai dengan penjelasan dan alasan yang kuat. Sifat dari pencarian berpola adalah sempit dan mekanistis tapi mengikuti prosedur formal yang sudah baku.
Pencarian berpola dalam ilmu komputer tidak hanya menunjukkan pengkajian secara sistematis, tetapi juga pengkajian yang sesuai dengan disiplin ilmunya.

0 Comments