Pengertian Analisis dan Perancangan Sistem

Analisis sistem didefinisikan sebagai bagaimana memahami dan menspesifikasi dengan detail apa yang harus dilakukan oleh sistem. Sedangkan sistem desain diartikan sebagai menjelaskan dengan detail bagaimana bagian-bagian dari sistem informasi diimplementasikan. Dengan demikian, analisis dan desain sistem informasi (ANSI) dapat didefinisikan sebagai : Proses organisasional kompleks di mana sistem informasi berbasis komputer diimplementasikan. Atau bisa disingkat sebagai berikut :

Analysis : mendefinisikan masalah.

From requirements to specification.

 Design : memecahkan masalah

From specification to implementation.
Ada pertanyaan kunci, mengapa urutan tahapan-tahapan dalam ANSI menjadi sangat penting. Ada beberapa alasan spesifik antara lain :
  1. Kesuksesan suatu sistem informasi tergantung pada analisis dan perancangan yang baik. Tahapan analisis akan menentukan masalah apa yang harus diselesaikan pada organisasi atau perusahaan. Kesalahan dalam tahap ini akan mengakibatkan masalah tetap ada walaupun sistem informasi telah diimplementasikan. Sementara tahapan desain akan sangat menentukan seperti apa sistem akan berfungsi. Walaupun pada tahapan analisis masalah utama sudah terpetakan dengan benar, kesalahan desain akan mengakibatkan kegagalan penyelesaian masalah oleh sistem komputer. Dengan demikian, dua langkah ini adalah langkah yang sangat menentukan untuk pengembangan sistem.
  2. Metode ANSI merupakan metode yang cukup lama dipakai untuk membangun perangkat lunak konvensional. Dengan demikian, kesalahan langkah-langkah baku yang ada sudah teruji. Metode ini juga telah digunakan secara luas di berbagai industri (teknologi yang telah teruji).
  3. ANSI menawarkan profesi baru sebagai seorang analis. Dibagian sebelumnya telah dibahas (baca "Stakeholder Dalam Manajemen Proyek") bahwa stakeholder yang bertanggung jawab pada pelaksanaan seluruh tahapan ANSI adalah seorang analis. Dengan perkembangan industri sistem informasi maka sistem analis merupakan bagian dari karir dalam dunia IT, menawarkan banyak kesenangan dan tantangan, serta gaji yang tidak rendah. Dan permintaan akan keahlian sistem analis dari tahun ke tahun juga semakin meningkat. Sistem analis adalah profesi menantang karena menggabungkan banyak keahlian seperti keahlian analisis, teknis, interpersonal, dna manajerial. Hal ini bisa dilihat dari tanggung jawab seorang analis berdasarkan pendekatan ANSI, yang meliputi :
    • Bagaimana membangun sistem informasi
    • Bagaimana menganalisis kebutuhan dari sistem informasi.
    • Bagaimana merancang sebuah sistem informasi berbasis komputer
    • Bagaimana memecahkan masalah dalam organisasi melalui sistem informasi.

Sumber : Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (Hanif Al Fatta)

No comments

Powered by Blogger.