Tipe Programmer Berdasarkan Skillnya


Menjadi programmer merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh mahasiswa jurusan komputer. Dimana programmer merupakan seorang yang memiliki skill dalam membuat suatu program. Selain itu kemampuan yang dimiliki programmer adalah bisa mengubah dan menyempurnakan suatu program. Membaca artikel dari situs jalantikus.com dengan judul 5 Jenis programmer menurut kemampuannya ternyata ada beberapa jenis dari programmer. Dan bagi mahasiswa yang ingin bercita-cita menjadi programmer inilah ciri-ciri yang wajib diketahui bahwa kamu masuk golongan mana.. Mari kita lihat tipe-tiper programmer berdasarkan skillnya berikut ini :

Novice Programmer

Apa itu Novice programmer ?? Ternyata artinya adalah programmer pemula atau sering diistilahkan dengan newbie bukan zombie ya..  hehehe.. Nah itu sering diberikan bagi mahasiswa-mahasiswa atau pelajar yang ingin menjadi programmer. Biasanya programmer tipe ini baru sedikit memiliki pengetahuan tentang pemrogramman dan kebiasaan sering cari tutorial di internet dan kemudian mempraktekkan atau coba-coba buat suatu berdasarkan tutorial tersebut. Namun masih belum bisa mengedit kode dari program. Intinya hanya ikuti tutorial yang disajikan dan belum paham lebih dalam.

Advance Beginner Programmer

Untuk tipe yang ini merupakan programmer yang berada satu level di atas Novice Programmer yang artinya bahwa tipe programmer ini memiliki skill yang lebih tinggi dari Novice Programmer. Biasanya tipe programmer ini sudah cukup mahir dalam mengedit suatu program.
Tapi pada saat menggunakan suatu tool, biasanya tidak memiliki minat untuk mempelajari cara kerja tool tersebut atau istilah kata hanya menjalankan sesuai dengan apa yang dibutuhkan tanpa mempelajari keseluruhan dari tool tersebut.

Competent Programmer

Untuk yang satu ini sudah dapat disebut programmer yang cukup mahir dalam pemrograman karena sudah memilik pengalaman yang lumayan banyak. Selain itu juga tipe yang ini sudah bisa menyelesaikan troubleshooting dengan sendiri karena sudah memiliki pengalaman. Karena error sudah jadi makanan sehari-hari.. Mungkin yaa.. hehe.. Nah kalau kamu sudah bisa mengatasi masalah dalam program tanpa cari di internet artinya sudah jadi programmer yang kompeten.

Proficient Programmer

Untuk tipe yang ini sudah mendekati master dari program karena memiliki kemampuan deteksi keselahan kode tanpa menjalankan kode tersebut karena sudah memiliki wawasan dan pengalaman yang cukup banyak. Selain itu juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan sering mempelajari suatu hal sampai akar-akarnya..

Expert Programmer

Nah untuk tipe yang ini biasanya sudah dapat membuat tool yang dapat membantu programmer lain bahkan Novice programmer. Jika kamu sudah memasuki tahapan ini, maka akan mudah dalam mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Tapi untuk mencapai tipe ini butuh pengalaman yang lama dan banyak agar wawasan yang dimiliki dapat lebih mendalam.

No comments

Powered by Blogger.