Kenali Sejak Dini Penyakit Mesothelioma

Berbicara tentang kesehatan, pastinya kita ingin selalu sehat dan menghindari terserang penyakit. Namun jika keadaan yang memaksa kita terpapar dengan penyakit tersebut maka mau tidak mau kita harus bisa mengantisipasinya. Salah satu contoh penyakit yang harus dikenali ada Mesothelioma. 

Apa itu Mesothelioma

Mesothelioma adalah penyakit kanker ganas yang sangat jarang sekali dan hanya diderita oleh orang - orang tertentu. Kanker ini berkembang di sel - sel meshothelium, sedangkan meshothelium itu merupakan membran yang membentuk beberapa lapisan rongga tubuh contohnya saja seperti rongga dada, rongga perut, dan kantung jantung.  Penyakit ganas ini paling sering didapati pada pekerja yang sering menghirup zat yang terdapat pada asbes.

Apa Penyebab Mesothelioma

Mesothelioma disebabkan oleh sering terpapar oleh asbes sehingga zat atau debunya sering terhirup bahkan tertelan. Selain itu orang - orang sekitarnya pun bisa terkena dampaknya, contohnya saja istri atau anak yang sering mencuci pakaian suaminya yang bekerja dengan asbes juga bisa memicu kanker.
Lingkungan yang terdapat banyak zat erionite atau sebuah zat zeolit mineral yang sangat mirip dengan serat asbes juga mampu mengakibatkan penduduknya terkena penyakit Mesothelioma ganas. Mesothelioma bisa disebabkan oleh asbes yang ada pada bangunan. Bahkan di negara Inggris sendiri ada pelarangan menggunakan asbes karena zatnya cukup berbahaya.

Apa Gejala dari Mesothelioma

Adapun gejala yang terjadi jika mengidap Mesothelioma adalah sebagai berikut :
  1. Dada terasa sangat nyeri sekali
  2. Sesak Nafas
  3. Terjadi anemia atau kekurangan sel darah merah
  4. Sering merasa kelelahan
  5. Suara menjadi sangat serak dan batuk - batuk
  6. Bahkan ada juga yang mengalami batuk berdahak namun didalamnya terdapat darah

Apa Saja Jenis Dari Mesothelioma

Ada beberapa macam dari Mesothelioma antara lain adalah :
  1. Mesothelioma Epithelioid
  2. Mesothelioma Sarcomatoid
  3. Mesothelioma Biphasic

Bagaimana Penyebaran dari Mesothelioma

Ada beberapa tahapan penyeberan dari Mesothelioma yaitu 
  1. Tahap 1. Pada tahap pertama Mesothelioma kelenjar getah bening belum dalam keadaan terserang. Selain itu kanker pun belum dalam keadaan yang sangat parah dan belum menyebar pada organ - organ serta jaringan - jaringan tubuh lainnya.
  2. Tahap 2. Ketika Mesothelioma berada pada tahap yang kedua, Ukurannya membesar dan menyerang paru - paru. Bahkan kelenjar getah bening pun bisa ikut terkena juga. Ketika mesothelioma berada pada tahap stadium 2 pasien masih bisa melakukan operasi. Walaupun kemungkinan kankernya sudah menyebar kedua belah sisi pleura.
  3. Tahap 3. Pada tahap ini berarti kankernya sudah cukup parah dan sudah tidak dapat melakukan operasi atau pembedahan pada pasien. Kerusakan akan terjadi pada daerah kelenjar getah bening, kerongkongan dan dinding dada.
  4. Tahap 4. Ini adalah tahapan pada bagian akhir, dalam artian kanker sudah menyerang pada beberapa daerah lainnya. Operasi sudah tidak akan ada gunanya lagi ketika sudah mencapai stadium akhir. Karena kanker bukan hanya menyebar pada daerah dada namun juga sudah menyebar ke seluruh bagian yang jauh sekali dari tempat asal mula kanker itu tumbuh.

Bagaimana Pengobatan Terhadap Mesothelioma

Ada beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk penyakit Mesothelioma antara lain adalah :
  1. Bedah. Sebenarya melakukan operasi bedah pada kanker lama - kelamaan menjadi kurang dipercaya karena tingkat keberhasilannya yang kecil. Terkadang walaupun berhasil sel kankernya akan kembali tumbuh. Bahkan orang yang melakukan pembedahan hanya mampu bertahan selama kurang dari 12 bulan atau setahun.
  2. Radiasi. Radiasi sering diberikan bersamaan dengan kemoterapi. Dengan catatan penyakit tersebut masih mentolelir operasi radikal. Sehingga radiasi dapat dijadikan sebagai pengobatan konsolidatif pasca pembedahan. Melakukan kemoterapi dan radiasi disaat setelah melakukan pembedahan akan meningkatkan harapan hidup pasien. Namun efek samping nya sangat berat sekali dan sangat parah.
  3. Kemoterapi. Kemoterapi merupakan pengobatan untuk penyakit Mesothelioma  yang sudah terbukti mampu meningkatkan kelangsungan hidup banyak pasien. Pasien yang awalnya hanya mampu bertahan kurang dari 12 bulan bisa bertahan hidup selama 13 bulan lebih.
Itulah sekilas mengenai penyakit Mesothelioma dan harus kita kenali penyakit tersebut sedini mungkin. Baik jika daerah kerja yang kita jalani itu banyak menyebar zat-zat yang bisa mengakibatkan penyakit ini terjadi.

0 Comments