Susunan Kabel LAN

Pada tulisan kali ini akan membahas susunan kabel LAN yang sering digunakan untuk menghubungkan atau mengkoneksikan komputer/laptop ke perangkat lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Ada beberapa tipe susunan kabel LAN yang digunakan antara lain :

Susunan Kabel Straight

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda. Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A sebagai berikut :
Susunan Kabel Straight

Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan antara computer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router

Susunan Kabel Cross Over

Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung ke dua. Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross over.
Susunan Kabel Cross Over

Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.

Demikian artikel mengenai susunan kabel LAN yang bisa disampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk pembaca yang sedang mencari bacaan susunan kabel LAN.





No comments

Powered by Blogger.