Sabtu, 20 Mei 2017

Siklus Pengembangan Software (SDLC - Software Development Life Cycle)

Ada banyak teori mengenai SDLC, tetapi yang menjadi klasik adalah teori yang dapat ditemukan dalam buku Software Engineering karya Roger S Pressman, yang menggambarkan proses pengembangan software seperti skema air terjun atau yang populer dengan sebutan The Waterfall Model.
Dalam proyek sistem informasi pengembangan software, peranan SDLC sangat penting dan merupakan bagian yang terintegrasi dalam struktur kerja manajemen proyek. The Waterfall Model ini pertama kali diperkenalkan oleh Winston W. Royce (1929-1995) meskipun belum dinamakan demikian. Dalam perkembangan selanjutnya ada banyak model yang dimodifikasi dari bentuk asalanya, tetapi umumnya masih mengacu pada model yang diperkenalkan oleh Royce tersebut. Beberapa teori lain untuk SDLC selain Waterfall adalah Prototyping, Incremental, Spiral dan RAD.
SDLC adalah alat bantu penting dalam Software Development Methodology (SDM). SDM makin berkembang sejak era 1960-an terutama karena semakin banyak perusahaan besar yang beralih ke komputerisasi. SDLC sendiri bisa dikatakan metodologi resmi tertua dalam mengembangkan sistem informasi. Tujuannya adalah agar pengembangan sistem informasi menjadi lebih cermat, terstruktur dan mengikuti metode yang telah ditentukan. Selain SDLC, ada beberapa metodologi penting lainnya seiring perkembangan dunia sistem informasi, diantaranya adalah :
  1. Structured Programming di era 1970-an.
  2. Structured System Analysis and Design Methodology (SSADM) di era 1980-an.
  3. Object-oriented Programming (OOP) yang dikembangkan dari tahun 1960-an, tetapi populer di era 1990-an.
  4. Rapid Application Development juga di era 1990-an.
  5. Extreme Programming di era 2000-an.
  6. Rational Unified Process (RUP) sejak 2003.
  7. Agile Unified Process (AUP) sejak 2005.
Demikian sekilas mengenai SDLC dan untuk tulisan berikutnya  akan dipaparkan mengenai metodologi pengembangan sistem informasi satu persatu. Semoga para pembaca dapat memahami dari tulisan yang dipaparkan pada halaman ini.

Sumber :Manajemen Proyek Sistem Informasi (Rudy Tantra)

0 Komentar:

Posting Komentar