Rabu, 03 Mei 2017

Responsive Perguruan Tinggi Terhadap Kebutuhan Dunia Kerja

Sebuah perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan para sarjana yang dapat bersaing di dunia kerja baik secara lokal, nasional maupun global. Sehingga dengan tuntutan seperti itu maka perguruan tinggi harus bisa bersikap responsive terhadap apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan industri.  Hal ini menuntut para dosen dan mahasiswa untuk aktif dan rutin mempublikasikan penelitian yang dilakukan agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dunia kerja.
Selain itu, para peneliti juga tidak boleh berhenti hanya pada tahap publikasi saja namun tetap harus dikembangkan sampai tahap tingkat kesipan teknologi atau ( Technology Readiness) Level 9. Wow.. angka yang sangat tinggi..
Mengutip dari Okezone.com, Rabu(03/5/2017) 
Perguruan tinggi perlu menerapkan kebijakan dan strategi yang mampu mendukung iklim hilirisasi produk penelitian di kampus menuju industri. Sehingga setiap penelitian yang dihasilkan dan dipublikasikan dapat dimanfaatkan oleh dunia kerja atau industri untuk pengelolaan manajemen dari produk yang dihasilkan. Hal ini menuntut perguruan tinggi harus aktif mengambil kesempatan ini dan tidak hanya terfokus melakukan pengajaran untuk menghasilkan lulusan sarjana yang tidak siap pakai.
Tantangan ke depan dari perguruan tinggi adalah kepekaan sosial dimana insan perguruan tinggi harus dapat melihat kejadian sosial yang terjadi. Dan ini memerlukan penelitian dan pengembangan sehingga respon terhadap kebutuhan dunia kerja dapat dipenuhi. Diakhir tulisan dapat disampaikan beberapa kutipan dari Wakil Rektor I, Universitas Airlangga (Unair), Prof. Djoko Santoso, PhD yaitu "Kepekaan ilmuwan dan pendidikan tinggi yang diharapkan mampu menjawab tantangan teknologi, keragaman kebudayaan, serta kekayaan alam yang melimpah, sejatinya tak berbanding lurus dengan keadilan dan perlindungan kewargaan, sebaliknya justru memperlihatkan situasi meluasnya pemiskinan sosial,” jelasnya.
Semoga tulisan ini dapat menggugah insan perguruan tinggi untuk terus berkarya dan melakukan pengembangan penelitian agar dapat dimanfaatkan oleh dunia kerja dan industri, Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terima kasih.


0 Komentar:

Posting Komentar