Pilihan Makanan Untuk Kesehatan Mata

Buat para programmer yang sering lama berada didepan laptop, jangan sampai mengabaikan kesehatan terutama mata. Kenapa pentingnya menjaga kesehatan mata dengan memakan makanan sehat adalah agar tidak mengalami mata minus karena terlalu lama didepan layar monitor laptop atau komputer. Berikut saya share info mengenai pilihan makanan untuk menjaga kesehatan mata agar dapat menjadi menu dalam makanan sehari-hari.

Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan mata karena wortel mengandung beta-karoten, dimana beta-karoten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga bermanfaat melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. Untuk wortel banyak tersedia di pasar dan dapat diolah menu makanan yang mengandung wortel, seperti sup ataupun jus wortel.

Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis ikan atau makanan laut yang lainnya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 maka akan terhindar dari gangguan mata kering sehingga mata akan tetap sehat. Dengan mengkonsumsi ikan ini dapat dijadikan salah satu pilihan makanan sehari-hari agar kesehatan mata tetap terjaga.

Telur

Nah untuk makanan satu ini selalu menjadi menu favorit saya, karena praktis dalam memasaknya. Makanan yang satu ini mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata diantaranya seperti  lutein, B12, vitamin D, zinc, vitamin A,  dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalam putih telur adalah antioksidan terbaik yang dapat mencegah proses degenerasi makular dan  penyakit katarak.  

Bayam

Sayuran ini sangat mudah diolah untuk berbagai macam menu masakan. Apalagi berhubung orang tua saya bertempat tinggal di Landasan Ulin yang merupakan kawasan kebun sayur sehingga stok bayam melimpah. Selain dapat menambah energi, makanan kesukaan Popeye ini ternyata hampir sama seperti telur, ternyata bayam juga mengandung banyak zeaxanthin dan lutein. Selain itu bayam juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma. 

Alpukat

Buah alpukat merupkan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi Lutein sendiri yaitu mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten  yang berguna dalam membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik. Alpukat lebih enak diolah menjadi minuman jus tanpa tambahan gula atau air. Agar tidak pahit bisa ditambahkan cokelat atau susu.

Kol atau Brokoli

Juga merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata karena brokoli atau kol ini mengandung nutrisi yang sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak.
Itulah beberapa pilihan makanan yang dapat dijadikan menu sehari-hari seorang programmer agar kesehatan mata dapat terjaga dengan baik dan tidak mengalami mata minus karena terlalu lama berada didepan layar monitor laptop atau komputer. Semoga info ini dapat bermanfaat buat programmer yang sedang asik mengetikkan kode program.

No comments

Powered by Blogger.