Koneksi Database Access Menggunakan ADODB Dengan VB6

Pada tulisan kali ini saya ingin share sedikit pengetahuan tentang cara mengkoneksikan database access dengan menggunakan ADODB pada bahasa pemrograman Visual Basic 6. Semoga yang ingin belajar dapat mengikuti langkah-langkah yang saya berikan.
Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buat satu database dan tabel pada access. Untuk tulisan kali ini saya menggunakan access 2007. Adapun caranya adalah sebagai berikut : 
Buka aplikasi access yang tersedia, kemudian klik New Blank Database seperti pada gambar dibawah ini.
Ubah file dari database yang akan dibuat seperti pada gambar dibawah kemudian klik browse untuk menyimpan kedalam folder penyimpanan file project dan database nanti. Pada tulisan ini saya masukkan pada folder dengan nama Catatan VB6.
Ubah save as type menjadi Microsoft Access Databases (2000-2003 format)-Kemudian tekan tombol OK - Kemudian tekan tombol create
Buat struktur field dengan menekan icon View dan pilih design view. Seperti pada gambar dibawah ini dan kemudian simpan tabel dengan nama pegawai.
Berikut struktur tabel yang harus dibuat :
Kemudian isi data pada tabel yang telah dibuat.

2. Setelah tabel dibuat, maka database pada program telah siap. Setelah itu jalankan Microsoft Visual Basic 6.0. Pilih Standard EXE-Tekan tombol Open.

3. Simpan project dengan nama koneksi dan form dengan frkoneksi. Kemudian tambahkan komponen datagrid pada form untuk menampilkan data dari tabel access yang telah dibuat sebelumnya. Dengan cara klik menu project pilih component.
4. Cari file .ocx dengan nama Microsoft DataGrid Control 6.0 (OLEDB). Kemudian tekan tombol OK. Dan akan muncul component datagrid pada toolbox.

5. Masukkan komponen datagrid pada form dengan cara klik icon toolbox datagrid dan geser ke arah form. Dan atur lebar datagrid seperti pada gambar berikut dan desain form seperti pada gambar.

6. Langkah berikutnya adalah mensetting koneksi ADODB agar bisa dimasukkan ke dalam file module. Adapun caranya adalah dengan mengklik menu project-references.
7. Cari file library dengan nama Microsoft ActiveX Data Object 2.6 Library dan kemudian centang dan tekan tombol OK.
8. Langkah berikutnya adalah memasukkan kode koneksi database melalui file module. Cara memasukkan file module adalah dengan mengklik menu project-add module-Open.
9. Masukkan code program untuk koneksi database dan tabel  pada file module yang telah dibuat dan setelah selesai simpan file module tersebut. Adapun kode program yang dimasukkan adalah sebagai berikut :
*) Untuk bagian yang diarsir, kode program disambung.
10. Masukkan kode program untuk koneksi ke database pada form dengan kode program sebagai berikut : 

11. Kemudian jalankan form yang telah dituliskan kode program dengan menekan tombol F5 atau icon Start. Dan berikut hasil kode program untuk koneksi ke database.

Demikian cara koneksi database Access menggunakan ADODB dengan VB6, dan jika ada pertanyaan mengenai pembahasan pada tulisan ini silahkan untuk berkomentar. Semoga pembaca dapat memahami apa yang saya tulis.

14 comments:

  1. simpan edit hapusnya pa' sekalian hehe
    email pa lah rendydwipradana@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Kok gak keluar ya pak datagridnya?
    Apakah tidak perlu disetting datagridnya ada berapa kolom dulu gitu?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu.. yang penting kode program di modul sudah ada dan filenya disimpan dalam satu folder.. kemudian di form nya.. dibagian prosedur load letakkan seperti nomor 10..

      Delete
  3. pak ada artikel tentang cara koneksi database ms.acces ke visual studio 2010.
    makasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini belum saya posting. Mohon maaf karena masih ada kesibukan bimbingan, Jadi belum diposting

      Delete
  4. kok ada pemberitahuan error ya gan "compile error invalid use of property" di bagian
    Private Sub Form_Load()
    call pengguna (nama sub di module)
    end sub

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sdh d copy/paste tpi tetap gk bisa...

      Delete
    2. bisa juga ada setting di reference yang belum..

      Delete
  5. run-time error 3706
    provider cannot be found.it may not be properly installed.
    kok gitu ya guru, maksudnya apa error ini?

    ReplyDelete
  6. gak usah dijwb guru sudah sukses kok codingnya...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau sudah bisa.. mudah-mudahan berkah dan bermanfaat..

      Delete
  7. kok waktu aktifin Microsoft ActiveX Data Object 2.6 Library keluar message name conflicts with existing module project or object library . mohon bimbingan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di bagian reference.. apakah sudah ada Microsoft ActiveX data Object selain 2.6.. karena ada beberapa pilihan.. jd yg aktif hanya satu aja. fungsi dari library ini untuk mengaktifkan ADODB..

      Delete

Powered by Blogger.