Jaga Kesehatan Mata Bagi Programmer

Seorang programmer yang sudah asik dengan kode program terkadang lupa akan kesehatan diri sendiri. Tahan berlama-lama didepan laptop karena penasaran dengan kode program yang sedang dikerjakan. Apalagi jika dikejar sebuah deadline proyek yang harus selesai pada waktu yang singkat. Saya pun pernah mengalami hal tersebut di awal mengenal dunia programming. Semakin lama error yang dialami tidak kunjung terselesaikan, semakin penasaran untuk terus berada didepan laptop. Karena lama berada didepan laptop akhirnya mata terasa kering dan terasa perih karena paparan cahaya dari laptop.
Buat programmer yang baru saja memasuki dunia kode program, saran saya untuk tetap menjaga kesehatan mata agar jangan sampai mengalami mata minus. Tips dari saya adalah :
  1. Hindari pencahayaan layar monitor yang berlebih. Ada baiknya untuk mengurangi kecerahan dari layar monitor agar paparan cahaya yang langsung dilihat oleh mata tidak terlalu berlebih.
  2. Usahakan agar ada jeda waktu untuk istirahatkan mata.
  3. Usahakan untuk melihat objek yang jauh setelah lama menatap layar monitor. Tujuannya agar saraf mata dapat diregangkan.
  4. Bagi yang muslim, usahakan setiap waktu shalat fardhu tiba segera mengambil wudhu dan laksanakan sholat. Hal ini agar dapat memberikan waktu bagi mata untuk istirahat.
  5. Jangan lupa untuk selalu minum air putih.
  6. Bisa juga melakukan senam mata. Pada saat saya sekolah di jurusan mesin otomotif ada guru saya yang mengajarkan senam mata agar mata tidak lelah atau mengantuk. Caranya adalah letakkan tangan dengan posisi jempol OK. Arahkan mata untuk menatap jempol tersebut. Jika sudah gerakkan tangan ke arah kanan secara lurus dan ikuti pergerakan tersebut tanpa merubah posisi leher. Arahkan kembali tangan kedepat secara perlahan dan mata juga mengikuti arah pergerakan tersebut. Lakukan ke posisi kiri dan ulangi lagi.
Itu tips dari saya buat programmer yang baru memasuki dunia programming. Alhamdulillah kalau hal tersebut dilakukan, insya Allah mata tidak akan mengalami minus. Alhamdulillah sampai sekarang saya tidak memakai kacamata bila sedang membuat program..

No comments

Powered by Blogger.