Jumat, 19 Mei 2017

Fasilitas Terbaru Visual Basic 6.0

Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemrograman (Languange Program), juga sering disebut sebagai sarana (Tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasis Windows. Secara umum ada beberapa manfaat yang diperoleh dari pemakaian programVisual Basic, diantaranya :
  • Dipakai dalam membuat program aplikasi berbasis Windows.
  • Dipakai dalam membuat obyek-obyek pembantu program, seperti fasilitas Help, kontrol ActiveX, aplikasi Internet, dan sebagainya.
  • Digunakan untuk menguji program (Debugging) dan menghasilkan program akhir EXE yang bersifat Executable, atau dapat langsung dijalankan.
Banyak fasilitas baru yang ditawarkan oleh Visual Basic 6.0, diantaranya penambahan koleksi fungsi, fasilitas Native Code, penambahan interface baru, dan lain-lain. Selain menyediakan tipe data sendiri yang berupa argumen atau properti dan metode publik, Visual Basic 6.0 juga bisa menghasilkan array dari suatu fungsi atau properti suatu prosedur.
Beberapa fasilitas terbaru dari Visual Basic 6.0 diataranya adalah :

Menggunakan Platform Developer Studio

Fasilitas ini memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual J++. Kelebihan pemakai program Visual Basic 6.0 dapat belajar bahasa pemrograman lainnya dengan mudah dan cepat, tanpa harus belajar dari awal lagi.

Sarana Akses Data

Sarana akses data Visual Basic 6.0 jauh lebih cepat dan andal untuk membuat aplikasi database yang berkemampuan tinggi. Beberapa fasilitas database antara lain ADO (ActiveX Data Object), data binding dinamis, OLE DB pada interface COM (Component Object Model), Query Designer dan Database Designer, Setup Wizard dan Data Report, Data Source dan window Data View, SQL Editor, kontrol FlexGrid, Data Repeater, dan lain-lain  

0 Komentar:

Posting Komentar