Jumat, 19 Mei 2017

Definisi Sistem Informasi

Apakah sistem informasi itu ?? Sebelum membahas tentang definisi dari sistem informasi, kita lihat dulu definisi dari kedua kata tersebut satu per satu. Sistem adalah entitas atau satuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem (sistem yang lebih kecil) yang saling terhubung dan terkait untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Informasi dapat dipahami sebagai pemrosesan input yang terorganisir, memiliki arti, dan berguna bagi orang yang menerimanya. Data berbeda dengan informasi, karena data dapat didefinisikan sebagai fakta-fakta yang masih mentah atau acak yang menjadi input untuk proses yang menghasilkan informasi. Sebuah informasi harus memiliki arti sehingga dapat dimanfaatkan. Agar memiliki arti, informasi harus memiliki karakteristik, yaitu :
  1. Dapat diandalkan (Reliable). Jika bebas dari kesalahan atau bias, secara akurat merepresentasikan keadaan atau aktivitas organisasi.
  2. Relevan. Jika dapat mendukung pengambilan keputusan kerana memberikan tambahan pengetahuan atau nilai kepada para pengambil keputusan.
  3. Memiliki keterkaitan dengan waktu (Timely). Karena apabila hendak mendukung suatu keputusan, maka informasi tidak boleh terlambat atau sudah ketinggalan.
  4. Lengkap. Jika mengandung semua data yang relevan.
  5. Dapat dipahami. Jika tersusun dalam bentuk yang dapat dimanfaatkan dan jelas bagi yang menggunakannya.
  6. Dapat diverifikasi. Jika ada sumber lain yang dapat menjadi pembanding bagi keabsahannya.
Jadi Sistem Informasi adalah cara yang terorganisir untuk mengumpulkan, memasukkan, dan memproses data dan menyimpannya, mengelola, mengontrol dan melaporkannya sehingga dapat mendukung perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan.

Sumber :Manajemen Proyek Sistem Informasi (Rudy Tantra)

0 Komentar:

Posting Komentar