Antara Koding, Kesehatan dan Manajemen Ilahi

Seorang programmer yang sudah asik dengan dunia kodingnya, sering akan lupa waktu karena beberapa alasan. Ada yang beralasan kejar deadline dan juga ada yang beralasan sudah asik tanggung tidak diselesaikan. Saya pribadi kadang sering juga melakukan hal tersebut di awal masa banyaknya job program yang harus diselesaikan. Namun apa yang didapat adalah menurunnya kesehatan badan karena terlalu disporsir untuk menyelesaikan suatu pekerjaan program. Hal ini berdampak kepada menurunnya berat badan yang awalnya sudah lumayan ideal namun ternyata menurun. Oleh karena itu, beberapa waktu ini saya mulai mengatur atau memanajemen waktu dalam menyelesaikan project program. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Prioritas

Penting hal yang harus dilakukan adalah memilih skala prioritas program yang harus kita selesaikan. Hal ini saya lakukan agar dapat diatur project mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Saya mengutamakan project yang agak sulit dulu agar tidak menyita waktu pada saat menyelesaikan project yang lain.

2. Sayang Badan

Kenapa mesti sayang badan ?? perlu disadari bahwa pekerjaan memprogram adalah pekerjaan yang menguras pikiran, semakin banyak yang dipikirkan maka perlu juga nutrisi yang harus di asup oleh tubuh ini. Oleh karena itu, jangan sampai karena saking asiknya dengan pekerjaan mengkoding kita sampai lupa makan dan minum serta rileks badan. Apalagi yang bekerja sambil lesehan karena pinggang yang sakit serta bahu yang lumayan nyeri. Oleh karena itu, penting memperhatikan asupan makanan dan minuman serta olahraga kecil. Dan hal utama yang paling penting adalah jaga pola tidur yang harus kita lakukan agar dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk istirahat.

3. Ingat Allah

Ini hal yang paling penting dan utama terutama bagi programmer yang muslim. Sehebat apapun kemampuan kita dan sebanyak apapun project yang  kita dapat jika tidak diimbangi dengan mengingat Allah SWT sang pemilik kita maka akan sia-sia hal yang kita lakukan dan sangat merugi. Walaupun nilai project kita ratusan juta namun jika tidak diiringi dengan bersyukur kepada Allah terutama taqwa, maka siap-siap untuk kehilangan project dikemudian hari atau setelah dapat fee dari project mungkin tidak menjadi berkah. Hal ini penting bagi kita programmer yang muslim, jangan sampai melupakan Allah hanya karena kita dikejar deadline project. Usahakan kewajiban lima waktu dilakukan di awal waktu dan lakukan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa. Ini adalah momen kita untuk mengistirahatkan otak selama lima kali.

Itulah yang mesti kita lakukan agar selama mengerjakan project program dapat diimbangi agar tidak merugi dikarenakan gagalnya dalam manajemen waktu, kesehatan dan manajemen ilahi. Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.