Minggu, 23 April 2017

Merintis Usaha Sebagai Konsultan IT

Di era sekarang ini, kebutuhan terhadap teknologi terutama teknologi komputer sangat diperlukan dan tidak menutup kemungkinan akan selalu mengalami perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, sebagai lulusan sarjana di bidang teknologi informasi sepatutnya melatih kemampuan bermasyarakat terutama dalam mengamalkan ilmu yang sudah didapat di kampus dengan latar belakang komputer. Hal utama yang menjadi pembahasan kali ini adalah usaha sebagai konsultan IT dimana kita harus dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar terutama yang membutuhkan akan permintaan pengembangan teknologi informasi. Adapun usaha yang bisa dibuat atau diciptakan berkaitan dengan teknologi informasi adalah :

  1. Pembuatan Software
  2. Jaringan Komputer
  3. Blogger
  4. Multimedia
  5. Broadcasting
  6. Web Developer
  7. Dan lain-lain
Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa syarat selama pelaku usaha dapat menjalankan konsep yang mengedepankan pelayanan prima. Salah satu usaha yang saya jalankan saat ini adalah pembuatan software terutama yang berbasis dekstop. Usaha ini sudah saya jalankan mulai tahun 2009 di saat masih menjadi mahasiswa di kampus tempat saya kuliah. Banyak pengalaman yang didapat dengan menggeluti usaha ini dan berbagai permasalahan juga sering dihadapi. Namun seiring waktu hal tersebut dapat menambah pengetahuan saya terutama dalam bidang pembuatan software agar dapat mempraktekkan teori yang didapat saat kuliah. Dan hal tersebut nyata dan memang kita harus dapat memanajemen diri agar pelayanan kepada customer dapat diberikan dengan baik.
Adapun poin-poin yang dapat diterapkan dalam menjalankan usaha ini diantaranya adalah :

Pelayanan

Hal ini sangat penting dilakukan dengan menerapkan konsep "Pelayanan berdasarkan Kualitas". Kenapa harus menerapkan konsep kualitas dalam pelayanan kita ? Hal tersebut karena semakin baik dan berkualitasnya pelayanan kita terhadap konsumen maka hal tersebut dapat menjadikan citra di mata konsumen juga baik karena mereka mendapatkan pelayanan yang bagus.

Promosi

Dalam hal promosi, sangat berkaitan dengan poin yang pertama. Kenapa hal tersebut dapat terjadi karena dengan memberikan pelayanan yang bagus maka secara tidak langsung promosi yang didapat adalah secara gratis dan tidak perlu banyak mengeluarkan biaya, tenaga dan waktu. Karena dengan satu konsep pelayanan kualitas tersebut maka customer yang pernah mendapatkan pelayanan dari kita akan mempromosikan kepada calon customer yang lain dan hal tersebut sudah saya rasakan.

Kesabaran

Dengan semakin baiknya pelayanan akan mengundang customer mempromosikan ke calon customer lain dan hal tersebut akan menambah beban permintaan kepada kita. Oleh karena itu sebagai konsultan, kita harus sabar pada saat permintaan pelayanan jasa kepada kita semakin bertambah banyak dan itu agar customer tetap merasa dilayani dengan baik

Demikian tulisan singkat tentang merintis usaha sebagai konsultan IT dimana tulisan ini hanya sebagian dari pengalaman yang pernah dan masih saya jalankan. Semoga bermanfaat bagi para calon-calon Konsultan IT yang akan merintis usaha di bidang teknologi informasi. 

Salam Banua,..


0 Komentar:

Posting Komentar