Menciptakan Lulusan Perguruan Tinggi Yang Unggul Dan Kompetitif

Baru saja membaca dari berita di Okezone.com dengan judul "Lulusan Perguruan Tinggi Perlu Berdaya Saing Yang Tinggi" tertanggal 29 April 2017. Dimana dipaparkan bahwa orientasi lulusan saat ini harus berdaya saing dan siap berkarier di bidangnya. Oleh karena itu akan didorong keakftifan dosen dalam melaksanakan penelitian inovatif. Dimana dosen yang banyak mengajar dikelas harus diseimbangkan dengan melakukan penelitian. 
Dengan begitu, para mahasiswa akan termotivasi melaksanakan penelitiannya dan menciptakan berbagai inovasi sesuai dengan bidangnya. Dengan seringnya penelitian atau studi lapangan akan memberikan keterampilan kepada mahasiswa. Dengan lengkapnya pendidikan akademik, praktik dan keterampilan ekstrakurikuler akan membentuk karakter lulusan yang kompeten.
Dari berita tersebut maka perlu kiranya seorang dosen dapat menggunakan metode yang dapat digunakan agar lulusan yang di didik dapat menjadi lulusan yang unggul serta kompetitif. Hal ini perlu terobosan yang mungkin bagi dosen yang akan terasa aneh dan kurang bagus dengan menerapkan pada dunia kampus. Namanya juga adalah mencari terobosan yang baik untuk menciptakan lulusan yang unggul dan kompetitif maka ini merupakan uji coba yang akan terus di uji sehingga penerapan di kemudian hari dapat dilakukan. Adapun poin yang bisa diterapkan dalam dunia kampus antara lain :

Cara Mengajar

Dalam hal pengajaran perlunya seorang dosen menciptakan suasana kuliah yang nyaman sehingga para mahasiswa dapat menyerap apa yang disampaikan oleh sang dosen. Perlu banyak uji coba dalam menerapkan beberapa metode seperti catat materi di papan tulis dan mahasiswa akan mencatat sehingga banyak terfokus untuk mencatat atau memfoto hasil catatan dosen. Ada juga metode dengan menampilkan slide presentasi pada layar LCD dan mahasiswa akan melihat slide demi slide yang disiapkan oleh dosen dan terkadang mahasiswa akan meminta file dari slide tersebut kepada sang dosen. Dan banyak lagi metode-metode yang dapat digunakan agar mahasiswa dan dosen dapat saling menciptakan kondisi perkuliahan yang nyaman. Kalau pribadi saya lebih senang mempadukan antara metode menulis dipapan tulis kemudian tampilkan slide sambil memberikan praktek.

Memberi Tugas

Untuk tugas yang diberikan kepada mahasiswa merupakan suatu keharusan agar para mahasiswa dapat mengasah kemampuan dalam mempelajari materi perkuliahan yang didapat. Namun untuk tugas yang diberikan dapat menerapkan tugas yang nantinya dapat berhubungan dengan tugas akhir semester yang harus diselesaikan oleh mahasiswa. Namun hal tersebut tergantung dengan dosen pengajar masing-masing.

Tes Akhir

Setiap akhir semester akan selalu di adakan ujian akhir semester dan mahasiswa harus wajib menjalaninya dengan serangkaian pertanyaan yang diberikan oleh sang dosen. Baik itu pertanyaan ataupun praktek yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Namun dapat dicoba diterapkan metode dengan memberikan salah satu tugas sebelum jadwal ujian dimana mahasiswa harus dapat menyelesaikan sebelum jadwal ujian yang sebenarnya. Hal ini mungkin salah satu metode yang bisa digunakan agar mahasiswa tidak merasa terbebani dengan ujian akhir. Padahal mahasiswa tersebut sedang menyelesaikan soal ujian akhir yang diberikan oleh dosen.

Demikian beberapa poin yang dapat diterapkan agar dapat menciptakan lulusan yang unggul dan kompetitif. Dan hal tersebut tidak 100% berhasil dan juga tidak bisa dikatakan gagal. Namun hal tersebut dapat mengubah pola dan metode agar mahasiswa dapat merasakan atmosfir perkuliahan yang sebenarnya.

No comments

Powered by Blogger.